Friday, February 1, 2008

orang lain ngikutin cara berpikir kita??

Mau bagi2 "intrik" supaya orang lain bisa "ngikutin" cara berpikir kita,,,>>> mungkin "intrik" ini hanya "sebagian" dari "keseluruhan" intrik2 yang ada di dunia dalam hal pengaruh_mempengaruhi orang lain. Ini gw ambil berdasarkan pengalaman gw selam gw "masih" hidup di bumi dan berkesempatan untuk ketemu orang banyak!

Intrik yang pertama,,,Sewaktu kita lagi ngobrol sama orang lain..pasti lagi ngebahas sesuatu yang mungkin jadi headline news di lingkungan kita,,,dan gak jarang dari pembicaraan itu pasti "menjurus" ke yang namanya "perdebatan"! Perdebatan emang gak selamnya buruk,,karna dari situ kita bisa belajar baik secara langsung ato gak langsung untuk " menyelami" alur pikir dari orang yang debat dengan kita ato lawan bicara kita. Tapi,,secara,,gak sadar baik kita maupun lawan bicara kita "saling mengiginkan" kemenangan" dalam pembicaraan itu!! iya gak??Tapi,,,menurut gw,,gimana mw ada yang menang toh itu kan namanya debat??? dan gak jarang "hasilnya" sama2 seimbang alias gak ada yang mw kalah!! and you know what? gak jarang dari perdebatan itu,menuai hasil "pertengkaran" ato bisa2 keretekan hubungan karna kita sering masukin "bumbu" ego ke dalam perdebatan kita!!
Nah,,,gw pikir2 kenapa gak kita hindarin aja perdebatan itu? toh,,kita kan gak rugi kalo ngehindarinnya?? malah menurut gw menguntungkan,,,!iya gak?? menghindar bukan berarti kalah kan??

Intrik yang ke dua,,,Masih ambil contoh dari perdebatan. Misalnya nih,,perdebatan gak terelakan lagi,,trus lawan kita keceplosan ngomong "kamu salah!" tentang pendapat yang kita lontarkan! ngerasa kesel gak sih? kalo gw; jujur,,langsung panas,,pengen rasanya ngasih bogem mentah! Sebenernya sih gak salah kalo lawan debat kita ngomong kayak gitu,,alasan yang pertama emang dia punya hak ngomong kaya gitu karna dia punya mulut,,yang ke dua kita juga pasti ngelakuin hal yang sama kan kalo kita lagi debat dan pengen menang,dan gak lain itu emang salah satu cara ampuh untuk langsung meng-cut lawan!! tapi,,pernah gak sih kita piirin dampak dari omongan kita yang 'selalu menyalahkan' pendapat orang lain?? yupz,,,dampak sama yang namanya PERASAAN!! pasti sakit banget kan kalo di bilang kayak gitu?? ya iayalah,,wong gw juga ngerasain,,buktinya gw pengen nonjok orang itu langsung kalo gw dibilang kayak gitu!
Nah loh caranya giman dong?? Mulai aja dari diri kita dulu,,untuk Selalu MERESPEK pendapat orang lain walopun itu gak berkenan di hati kita,,,dan lambat laun orang lain yang tadinya pengen debat sama kita dan pengen bikin kita KO..pasti langsung ngurungin niatnya!! Cobain deh,,,

Intrik yang ke tiga,,,Kalo kita salah langsung aja bilang kalo kita salah! malah menurut gw, seorang pemenang itu adalh orang yang bisa ngakui kesalahannya sendiri dan berusaha untuk gak ngelakuin kesalahan yang sama.

Intrik yang ke empat,,,Mulailah dengan cara yang ramah,,,!!gak tau cara mulainya gimana?? kenapa gak mulai dengan senyum dan tatap matanya (tapi jangan melotot,,,itu namanya nantang!!whhehehe). kalo kita ngelakuin itu kalo lagi ngomong sama orang,,itu tandanya kita ngerespon pembicaraan itu,,dan saaja kita menghargai lawan bicara kita!! Dan,,,tau manfaatnya apa?? kita pasti akan selalu dimintain pendapat kalo lagi ada pembicaraan ato lago ada problemo!!keren kan>..

Intrik yang ke lima,,,ini agak2 gampang_gampang_susah!! karna dituntut kesabaran yang ekstra dan telinga ekstra pula!! yupz,,,jadi pendengar yang baik!!

Mudah2 an,,,intrik2 ini bisa di pake,,,trus bisa diterapin kalo lagi ada pembicaraan yang mengarah ke perdebatan!!okey,,,,,,,,,,,,!

No comments: