Monday, April 21, 2008

how lucky we are,,,

Gak semua orang bisa ngerasain apa yang kita rasain. Tinggal di tempat yang beratap ( gak peduli atap nya asbes ato genteng), duit yang selalu sedia di kantong ato atm, punya makanan + minuman yang selalu tersedia di kulkas,,bisa napas dengan tenang tanpa mesti "susah" mikirin hari besok mw makan apa,,ato mw ngapain,,ato mw jalan2 kemana2. Beda sama orang yang "di luar sana" yang lagi "berjuang mati2 an" mati segan hidup gak mau. Mungkin "orang itu" lagi dalam perang ato yang "terpaksa" tinggal di kolong jembatan, ato rumah kardus,,ato di tempat yang sebenernya gak layal buat di jadiin temapat tinggal. Tapi, apa mw di kata,,?? Mau gak mw mreka "mesti" tinggal di tempat kayak gitu, dengan harapan "hidup untuk hari ini adalah suatu mukjizat atas karunia Gusti ALLAH, dan hidup hari esok?? (pertanyaan yang sulit buat di jawab untuk sebagian orang yang tinggal di tempat kayak gitu). Tapi, pernah gak terlintas dalam pikiran kita (yang masih lebih beruntung daripada mereka) tentang hal yang "sepele" kayak gitu??

Mungkin sering terlintas, tapi gak terlalu "mendalami" kan (hayo ngaku,,,!!soalnya gw kayak gitu). Gak bisa disalahin juga, karna emang sifat dasar manusia yang "rada2 suka mikirin diri sendiri" (gara2 fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan individu, tapi cenderung ke individu gara2 gak ngerepotin,,iya kan??hayo ngaku lagi,,,?heheh maksa yah??) trus suka "lupa" mikirin keadaan orang lain. Mungkin gak lupa cuma "belum sempet aja buat mikirin keadaan orang lain" (takut di gebukin massa kalo gw bilang "lupa" hehehe).

Gw ngebahas hal kayak gini bukannya gara2 pengen ngejar target buat di puji ato apalah,,tapi,,gara2 sedih aja ngeliat kalo kita "lehoi2 in de hoi" disini tapi banyak banget di luar sana yang masih,,"mba,,minta duit dong,,saya mw bayar uang sekolah..",,,"bu,,minta bu,,buat makan kami sehari2,,,!! Hiks,,hiks,,,sedih banget bikin hati miris, nangis dayak. Fenomena yang gak bisa ditutupin dari "kebesaran" suatu kota.

Hal kayak gini,,kayak lingkaran,,gak tau dimana "ujungnya". Cuma satu yang bisa "ngubah" keadaan kayak gini..yah kayak pelajaran PPKN waktu SD,, saling tolong-menolong. Kita yang rada2 mampu (walopun dikittttttttt!!), bok ya "nyisihin" dikit aja buat orang yang gak seberuntung dirimu dan diriku. Hal "sisih-menyisihkan" gak melulu pake duit kok, apa aja juga boleh yang penting bermanfaat. Pasti, ada gunanya. Soalnya, gw baru denger penjelasan niy dari sang pacar katanya kalo tiap penduduk indonesia "sodaqoh" bisa kebayar kok utang2 nya indonesia (gw juga gak ngerti gimana perhitungannya). Nah,,kalo mw nyumbang (sodaqoh), jangan lupa nyumbangnya di tempat yang pas trus diterima sama orang yang "pas" banget emang butuh bantuan.

Jadi,,,selamat menempuh hidup baru yah,,,(sodaqoh,,maksudnya,,) hehehehhe,,,,(gak nyambung yah??),,,

2 comments:

Anonymous said...

duh, sayah jadi terharu.. huhuhuhu.. lam kenal.. hehe

NengDJ said...

saya juga lagi ngerasa dunia sedang tidak adiill!! hukx