Wednesday, April 9, 2008

uuuhhhhh panazsssssssssszzzzzzzzz,,,


Padahal tadi keluar jam 9 an, itu juga cuma sebentar wong cuma beli detergent doank hehehehe ( gak jelas??? ), tapi rasa2 nya panas,,,kayak matahari udah di ubun2 bikin pusing kepala. Akhir2 ini,,peerihal "kemunculan matahari" emang rada2 aneh,,sampe banyak gosip jelek kan yang beredar tentang matahari?? Coba aja,,deh keluar rumah ato dari tempat kamu berteduh kira2 jam 11 an,,panasnya kayk jam 1 siang,,trus yang jam 1 siang hampir gak ketulungan saking panasnya. Gara2 "panas" itu,,secara gak langsung bikin pengeluaran jadi bengkak. Lak kok iso?? iya,,,gara2 panas,,yang tadinya udah mandi,,dandan,,cantik,,pake bedak di ketek + muka,,dandan ampe cemong,,eh,,,mesti luntur lagi gara keringet yang ngucur di muka sama di ketek,,iih,,,itu masih mending sering banget gara2 itu pada komplein "pembauan ruangan" secara manual karna ketek2 dan badan yang dikucurin sama keringet hasil keluar ruanagn karna panas yang gak ketulungan.

Usut punya usut,,panas yang kita alamin akhir2 ini "gak wajar",,katanya gara2 global warming alias pemanasan global. Lah apa nyambungnya?? Jadi,,pemanasan global itu peningkatan suhu rata2 bumi karna peningkatan jumlah "emisi" gas rumah kaca di atmosfer. Nah,,efek rumah kaca itu sendiri apa? Efek rumah kaca itu sebenernya proses, Analogi buat bumi yang di kelilingin sama yang namanya "gelas kaca". Jadi,,ceritanay begini,,panas matahari masuk ke bumi dengan "menembus gelas kaca" dengan radiasi gelombak pendek. Sebagian diserap sama si bumi, dan sisanya lagi di pantulin deh ke "angkasa" sana dalam bentuk gelombang panjang. Panas yang seharusnya bisa dipantulin balik ke angkasa menyentuh permukaan gelas kaca dan terperangkap di dalam bumi. Nah,,proses itu belum sepenuhnya ato 100% yang nyebabin yang namanya global warming,,itu semua karna kita2 manusia yang gak tau di untung ngelakuin aktivitas yang bikin "proses rumah kaca" tadi jadi tambah buruk, yang bikin konsentrasi gas selimut di atmosfer jadi gak terkendali. Makanaya"proses" yang tadi udah kita beleberin ampe mulut berbusa itu yang di sebut sama "Efek Rumah Kaca". Dan, Global Warming itu dampk dari "efek rumah kaca tersebut, Yang nyebabin iklim jadi gak menentu, Makanya kita sering kan ngerasain panas dan hujan jadi gak teratur. Sekalinya panas bikin badan gosong, trus sekalinya ujan bisa bikin erosi. Jadi serba salah kan?. Sebenernya nih efek rumah kaca itu proses alami,,karna untuk kelangsunga hidup mahkluk hidup juga ( seperti karbondioksida ( CO2 ), metana ( CH4 ), atau dinitro oksida ( N2O )), suhu permukaan bumi akan 33 derajat Celcius lebih
dingin. Tapi,,gara2 kelalaian kita sebagai manusia proses rumah kaca jadi gak lazim deh,,boleh dibilang kita lagi "musuhan" nih sma yang namanya "efek rumah kaca",,padahal kita musuhan sama "mreka" gara2 kelakuan kita juga kan?? lah iya,,contohnya kendaraan kamu dan gw pake yang suka "negntutin" bumi dengan karbondioksida nya, merupakan "sumbangan terbesar" untuk global warming.

Huh,,penjelasan yang gw dapet ini aja,,bikin gw merinding,,karna yang rugi gw juga,,kita2 juga!! Gak perlu penjelasan panjang lebar tapi kita sendiri masih acuh sama bumi sendiri,,bersikap masa bodoh.

Global warming "yang berlebihan" gampang kok di cegahnya,,mulai aja dari diri sendiri,,"Go to nature", contohnya "pengurangn pengeluaran karbondioksida. Mulai dari sekarang pake kendaraan yang ramah lingkungan kayak sepeda ato jalan kaki,,gak usah malu! kalo kita nurutin malu,,ntar kita juga kan yang kena "gak enaknya" dari global warming. Sebagai makhluk yang sempurna di muka bumi ini,,,coba sekarang kita lebih peduli sama lingkungan dan bumi yang kita tumpangin ini, dengan coba cari alternatif bahan bakar lain yang yang gak ngeluarin karbondioksida sama sekali.

No comments: